Bagi Anda yang memutuskan mudik ke kampung halaman menggunakan sepeda motor, ada baiknya persiapkan segala sesuatunya jauh hari. Hal paling utama yang perlu diperhatikan adalah kondisi kendaraan itu sendiri, Agar Anda tetap merasa aman dan nyaman selama perjalanan ke kampung halaman.

Untuk itu, punggawa bengkel resmi Honda AHASS Todo Stanley ingin berbagi tips persiapan dan perawatan intensif pada sepeda motor jenis skuter matik sebagai kendaraan mudik Anda.

Bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor, sebaiknya cek speedometernya terlebih dahulu-sudah mencapai berapa kilometer yang digunakan. Dengan begitu, pemudik bisa lebih tahu bagian-bagian part mana saja yang harus diperiksa atau diganti, sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, buka Stanley Sibuea, selaku Punggawa AHASS TODO STANLEY.

Berikut, Stanley memberikan list suku cadang yang harus diganti sesuai jarak tempuh sepeda motor jenis matik:
1. Cek busi, jika sudah 8000 km sebaiknya diganti,
2. Ganti filter udara, jika sudah menempuh jarak 15000 km,
3. Ganti oli mesin per 2500 km,
4. Ganti oli gardan setiap 8000 km,
5. Ganti air radiator per 8000 km,
6. Ganti V-belt setelah mencapai jarak 24.000 km.

Tidak cukup itu saja, ada beberapa part lain yang harus diperhatikan juga, yakni lampu, baik lampu utama, lampu rem, lampu sein sampai lampu indikator. Lampu utama sebaiknya disetel secara proporsional, jangan sampai sorot lampu motor kita mengganggu pengendara yang berlawanan arah.

Pemerikasaan tekanan angin ban juga diperlukan. Untuk ban depan, dianjurkan berada di tekanan angin 29 psi, dan ban belakang 30 psi, jika berboncengan 33 psi. Selain pemeriksaan tekanan angin, kondisi ban juga perlu, jika ban terlihat benjol atau sudah tidak terlihat alurnya, sebaiknya diganti untuk menghindari terjadinya pecah ban.

Untuk perjalanan jauh, tekanan angin jangan sampai berkurang, kalau berkurang akan merusak velg motor, termasuk bikin boros, ujar Stanley.

Selanjutnya menyisir ke sistem pengereman. Supaya kinerjanya tetap optimal, cek rem depan, jika jenis rem cakram maka periksa minyak remnya, bisa ditambah atau diganti baru. Untuk rem belakang periksa kampas rem apakah masih dalam batas normal pemakaian atau perlu diganti. Kampas belakang bisa dilakukan lewat penyetelan, dengan perhitungan jarak main bebas tuas handel kiri saat di tarik dan di lepas antara 20-30 mm.

Kemudian periksa sistem suspensi, ini berhubungan dengan kenyamanan saat berkendara, termasuk jika Anda membawa penumpang. Periksa sistem suspensi apakah masih bekerja optimal atau tidak. Suspensi depan perhatikan oli sokbrekernya, sedangkan suspensi belakang jika sudah tidak layak harus diganti baru.

Terakhir adalah jantung kendaraan. Perhatikan putaran mesin harus dalam keadaan stabil, tidak terlampau tinggi maupun rendah. Jika putaran mesin dalam keadaan tidak stabil, sebaiknya segera bawa ke bengkel resmi untuk di lakukan pemeriksaan dan penyetelan lanjut sesuai standard pabirkan

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY