Honda S90 adalah salah satu varian motor paling bersejarah yang dimiliki Astra Honda Motor. Singkatnya di tengah tahun 60an motor berkapasitas satu silinder 90cc ini bulet-bulet didatangkan dari negeri asalnya Jepang. Lalu di awal 1970an pabrikan motor PT Federal Motor berdiri dan motor pertama kali yang diproduksi CKD (Completely Knock Down) adalah Honda S90Z (6/6).

Begitu juga dalam industri custom, motor buatan The Katros ini adalah salah satu Honda S90 custom pertama di Indonesia yang menggunakan unibodi full almunium. Usut punya usut ternyata rangka T-Bone yang digunakan Honda S90 ini berhasil membuat pemilik jatuh hati. Gue tebus sasis bekasnya disalah satu event otomotif, tanpa tau mau dijadiin kaya gimana, kenang Andi Akbar sang pemilik sekaligus owner The Katros Garage.

Selang beberapa tahun, niat meniupkan roh pada chasis Honda S90-nya baru terlaksana sebagai penghargaan Atenx (sapaan Andi Akbar) terhadap motor yang penuh nilai historis tersebut.

Akhirnya motor ini dibuat dengan konsep unibody menggunakan plat almunium dan membuat motor ini tidak jauh dari kesan old school. Artinya jika ditarik mundur masuk ke eranya 1970an desain motor ini tetap pantas sebagai motor custom di jamannya.

Sebab menurut gue almunium itu kasta tertinggi untuk dalam dunia custom untuk bodi dan tanki. Selain ringan, tanpa sentuhan cat motor sudah terlihat lebih menarik. Gue bikin bodi ini dari almunium setebal 3 mm, berkonsep flip-up dengan system engsel di dalam bodi, jadi kalau isi bensin, full bodi terangkat semua, terang pria asli Makassar, Sulawesi Selatan ini.

Bukan perkara gampang membentuk almunium, jika caranya salah bodi susah presisi bisa juga permukaan agingnya malah rusak. Begitu juga dengan teknik pengelasannya. Tapi akhirnya kesulitan itu terbayar dengan predikat juara yang disandang The katros Garage sebagai Best of The Best Honda Modif Contest 2016 yang diselenggarakan bulan lalu di WTC Mall Serpong.

Data Spesifikasi
Ban depan : FDR 90/80-17
Ban belakang : Zeneos 130/70-17
Sokbreker depan : Honda Tiger Revo
Arm Belakang : Custom
Shock belakang : Honda Cs1
Pelek depan : Aluminium 1.85
Pelek belakang : Aluminium 3.00
Bodi : Aluminium 3 mm
Lampu depan : LED
Lampu belakang : LED
Setang : Clip On
Knalpot : Handmade

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY