Volkswagen Indonesia Association (VIA) kembali menggelar ajang Jambore Nasional (Jamnas) bagi seluruh pecinta kendaraan klasik Volkswagen di Tanah Air. Jambore Nasional pada tahun 2019 ini merupakan yang ke-50 kalinya, atau merupakan perhelatan emas bagi VIA dalam mempersatukan beragam klub, komunitas, dan privateer pecinta VW klasik yang terus eksis di bumi Indonesia.

Jamnas VW ke-50 ini akan berlangsung selama 3 (tiga) hari di Bumi Perkemahan – Buperta Cibubur pada tanggal 27-29 September 2019, Cibubur, Jakarta Timur. Sebagai tuan rumah sekaligus panitia penyelenggara, diambil dari beberapa klub, komunitas, dan privateer para pecinta VW di seputaran Jabodetabekban, yang kemudian membentuk kepanitiaan bersama.

“Karena Jakarta menjadi tuan rumah Jamnas ke-50, saya mengajak semua klub VW di seputaran wilayah Jabodetabek untuk berperan aktif mengirim perwakilannya terlibat di kepanitiaan bersama demi mewujudkan suksesnya acara ini. Perwakilan klub ini selanjutnya ditempatkan pada pos-pos panitia yang membutuhkan,” ujar Didit Soedarto, Ketua Pelaksana Jamnas VIA ke-50.

Sebagai jati diri, Jamnas VIA ke-50 ini mengambil label “VolksWOWgen Days” dengan tema kegiatan: ““Bersatu – Bersaudara”, yang inspirasinya diambil dari situasi dan kondisi kekinian dari masyarakat, untuk menguatkan akar dan rasa persatuan di kalangan penggemar VW khususnya dan komunitas otomotif umumnya di Indonesia.

“Jamnas ke-50 ini bukan hanya sebagai ajang kumpul para VW-ers saja yang datang dari privateer, klub, dan komunitas, tapi juga bagi seluruh pecinta dunia klasik dan antik, baik itu mobil, motor, dan komunitas hobi lainnya. Juga tentunya mengajak kaum milenial untuk lebih mencintai mobil dan motor klasik. Kita ikut mendorong mereka untuk lebih peka terhadap kegiatan sosial dan berkegiatan charity bersama. Jamnas VW kali ini juga dalam bingkai untuk menegaskan prinsip ‘bersatu – bersaudara’,” kata KomJen Pol. (Purn). Drs. Nanan Soekarna, Ketua Umum VIA.

Sebelumnya, acara Jambore Nasional Volkswagen Indonesia Assosiation (Jamnas VIA) telah berhasil diadakan di berbagai kota di seluruh Nusantara seperti di Jawa, Bali, Lombok, Kalimantan, Bangka-Belitung, dan Sumatera. Sejak diadakan pertama kali pada tahun 1993, Jamnas VIA sudah dilaksanakan sebanyak 49 kali, dan untuk ke-50 kalinya di tahun ini.

Khusus kegiatan Jamnas VIA ke-50, panitia menargetkan 4.000-an anggota bisa hadir bersama sekitar 2.000 unit Volkswagen segala jenis, tipe, dan tahun pembuatan dari seluruh Nusantara.

Lazimnya acara VW yang tak lepas dari kontes orisinalitas dan kustomisasi, Jamnas VIA juga akan diikuti display kontestan 100 Unit VW terbaik di Indonesia. Selain itu, Jamnas VW ke-50 juga akan diisi acara sosial seperti donor darah dan bakti sosial, juga gerakan peduli lingkungan seperti mengurangi sampah plastik dan penanaman pohon.

“Untuk lebih menyemarakkan acara, kami juga mengundang kehadiran 30-50 komunitas otomotif non-VW, komunitas hobby lainnya dan masyarakat luas. Termasuk kehadiran food truck, lapak kuliner, dan bursa aneka barang lainnya ditargetkan sebanyak 100 – 150 unit,” kata Didit dengan optimis.

Selain kegiatan tersebut di atas, khusus Jamnas VIA ke-50 ini, pihak panitia akan mengadakan beberapa acara melibatkan komunitas otomotif non-VW dan pehobi kegiatan lain seperti Aeromodeling, Terjun Payung, Drone Exhibition, Dyno Test, Lomba Slalom, Lomba e-game on-line, Lomba Fotografi, dan Demo Masak Selera Nusantara.

Kesemua acara yang dirancang, menurut KomJen Pol. (Purn). Drs. Nanan Soekarna, disusun berdasarkan nilai-nilai dan sendi fundamen dasar VIA yang mengacu pada aspek 7 Budi Utama Volkswagen Indonesia Association yakni: Jujur-Terpercaya, Tanggung Jawab, Visioner, Disiplin, Kerjasama, Adil, dan Peduli

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY